Hal Yang Harus Dikuasai Seorang Programmer Agar Banyak Dicari

Hal Yang Harus Dikuasai Seorang Programmer Agar Banyak Dicari
Hal Yang Harus Dikuasai Seorang Programmer Agar Banyak Dicari

1. Bahasa Pemrograman
    Hal ini sangat dan amat wajib untuk dikuasai oleh seorang programmer karena bahasa pemrograman sudah seperti makanan sehari-hari.

    Tanpa bahasa pemrograman, seorang programmer tidak bisa melaksanakan tugasnya yaitu membuat sebuah aplikasi atau mengembangkan web kecuali web yang tanpa bahasa pemrograman sudah bisa dibuat, seperti blogger.com, dan wordpress.com. Maka dari itu, seorang programmer harus menguasai bahasa pemrograman seperti Java, C++, C, C#, dan lain-lain untuk mobile. Sedangkan untuk web, saya sarankan untuk belajar HTML, PHP, CSS, JavaScript.
 Baca Juga : Sejarah Lotus Temple India Lengkap
    Saran saya, lebih baik kuasai 2 atau 3 bahasa pemrograman saja tetapi mendalami daripada menguasai semua bahasa pemrograman tetapi yang dipelajari hanya kulitnya saja. Misalnya kamu ingin menguasai bahasa pemrograman berbasis desktop atau web. Maka kamu harus menguasai minimal 3 bahasa pemrograman untuk desktop atau 3 bahasa pemrograman untuk web.

2.  Bahasa Inggris
    Seorang programmer harus bisa menguasai bahasa inggris dikarenakan bahasa pemrograman yang terdiri dari perintah-perintah dalam bahasa inggris. Mengapa bahasa pemrograman itu memiliki perintah bahasa inggris ? Karena pencipta bahasa pemrograman pertama kalinya itu tinggal di negara dengan bahasa inggris.

    Logikanya begini…

    Bahasa pemrograman itu saya asumsikan sebagai turis. Anggap saja bahasa pemrograman itu turis yang berasal dari negara Inggris, kalau kita bisa menguasai bahasa inggris, pasti kita bisa berkomunikasi dengan sang turis tersebut. Begitulah kurang lebihnya tentang pentingnya memiliki kemampuan bahasa inggris untuk menjadi seorang programmer. Jadinya perintah dalam bahasa pemrograman pasti menggunakan bahasa inggris.

3. Logika Yang OK dan Kreativitas Yang Tinggi
    Seorang programmer dituntut agar bisa menyelesaikan masalah atau membuat aplikasi yang beda dari aplikasi lainnya. Maka dari itu, seorang programmer harus mempunyai logika yang OK dan kreativitas yang tinggi supaya dapat menciptakan aplikasi yang berbeda namun tetap masuk akal (logis). Seseorang yang mempunyai logika yang tinggi cenderung lebih bisa menyelesaikan masalah lebih cepat bila dibandingkan dengan seseorang yang memiliki logika yang rendah.
 Baca Juga : Keutamaan Membaca Al Qur’an Lengkap
    Logika sang programmer itu didapatkan pada saat pelajaran matematika.

    Pada jurusan Teknik Informatika, pasti ada mata kuliah yang berbau dengan yang namanya matematika. Mau tidak mau, anda harus bisa matematika agar logika anda bisa terlatih.

4. Ketelitian Yang Ekstra
    Hal ini juga penting untuk dimiliki oleh seorang programmer, karena bahasa pemograman itu mempunyai sifat yang sensitif (case sensitive), jadinya kurang satu titik pun program tidak akan bisa jalan.

    Bayangkan jika seorang programmer kurang teliti, maka ia pasti akan pusing untuk melihat letak kesalahannya. Nah, itulah fungsi dari adanya debug/compile pada aplikasi untuk membuat program, yaitu untuk mencari letak kesalahan programmer dalam menulis sintaksnya.

5. Kesabaran Yang TOP
    Ini juga tak kalah penting untuk dikuasai oleh seorang programmer. Programmer yang handal adalah programmer yang bisa menahan diri untuk sabar dalam menjalankan tugasnya yaitu coding atau nama lainnya adalah membuat aplikasi atau web dengan bahasa pemrograman.
 Baca Juga : Tips and Trik jago Coding
    Programmer harus bisa bersabar ketika program yang dibuat masih salah, entah itu kurang sedikit syntax lagi ataupun yang lainnya.

    Karena dengan kesabaran, seorang programmer bisa tenang dalam menjalankan tugasnya. Tidak hanya programmer, setiap orang harus sabar dalam melaksanakan tugasnya.

6. Programmer Harus Rajin dan Pekerja Keras
    Sebenarnya tidak hanya programmer, tetapi semua orang juga harus rajin dan bekerja keras untuk menekuni profesinya. Seperti kata pepatah, Rajin pangkal Pandai.

    Hal itulah yang membuat seseorang bisa berhasil dalam usahaya mencapai apa yang mereka inginkan. Karena 99% keberhasilan seseorang itu datangnya dari sikap yang rajin dan bekerja keras, dan sisanya 1% untuk doa.

Sekian Tips and Trik dari saya sendiri Angga Cyber dan jangan lupa pembahasan saya yang selanjutnya terus kunjungi yah masih banyak lagi :D Arigato

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel