Contoh Laporan Prakerin Otomotif
Tuesday, June 12, 2018
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
PERAWATAN DAN PERBAIKAN REM CAKRAM (DISC BRAKE)
MOBIL NISSAN-GRAND LIVINA
Di
PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG
(Laporan ini dibuat sebagi syarat pemenuhan kurikulum
dan mengikutit ujian pertanggung jawaban PRAKERIN)
Di Susun Oleh:
Nama : AHMAD DAYANI
NISN : 9986013017
KOPETENSI KEAHLIAN
TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR)
SMK YP KRAKATAU STEEL CILEGON
Jl.Kota Bumi No.1 Kec.Purwakarta
Cilegon-Banten
2015
LAPORAN PENGESAHAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
(Laporan ini dibuat sebagai syarat pemenuhan kurikulum
dan mengikuti ujian penanggung jawaban PRAKERIN)
PIHAK SEKOLAH
Cilegon,.........................2015
Menyetujui/Mengesahkan
Ketua Jurusan Pembimbing
Bambang Setyo ST,MT. Bambang Setyo ST,MT.
Mengetahui,
Kepala SMK YPW Krakatu Steel
Laporan Angga Nandya
Drs.Yoyo
NIP.195605241986031005
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
Dari
PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG
Disetujui dan Disahkan
Pada Tanggal,....................2015
Mekanik Nissan Tecnichal Advisor
Imam Baedoi Hasan Sobri
Mengetahui,
Kepala Bengkel
Supriyanto
Laporan Angga Nandya
IDENTITAS TENTANG SISWA
Nama : AHMAD DAYANI
NISN : 9986013017
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Tempat Tanggal Lahir : Cimahi,29 November 2001
Agama : Islam
Anak Ke : 1 (satu) dari 2 (dua)
Alamat Siswa : Kp.Pasir Asem
: Jln. Waringin Kurung-Sasahan
Telepon/Hp : +62898465939
Sekolah
a. Nama Sekolah : SMK YPW KRAKATU STEEL
b. Status : Terakreditasi A
c. Alamat Sekolah : Jln. Kota Bumi No.1
Nama Orang Tua/Wali : Hadiri
Pekerjaan : Buruh
Alamat Orang Tua/Wali : Kp. Badali
: Jl. Pasuruhan-Waringin Kurung
Laporan Ahmad Dayani
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dengan memanjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT, karena begitu besar penyertaan-Nya yang telah mengantarkan penulis dalam menyusun Laporan Peraktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini yang berjudul “PERAWATAN DAN PERBAIKAN REM CAKRAM (DISC BRAKE)”. Laporan ini berisi apa yang telah di kerjakan dan pengalaman penulis saat melaksanakan Peraktek Kerja Industri (PRAKERIN) di PT. INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG.
Dalam menyusun laporan ini penulis menghadapi banyak rintangan dan hambatan, namun atas bantuan dari berbagi pihak akhirnya semua dapat terselesaikan. Oleh karenanya dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan banyak terima kasih pada semua pihak yang telah membantu penulis diantaranya
Kepada:
1. Kedua Orang Tua, yang selalu memberikan do’a dan kasih sayangnya.
2. Bapak Drs.Yoyo, selaku Kepala Sekolah SMK YPWKS CILEGON.
3. Bapak Bambang Setyo ST,MT. selaku Pembimbing (PRAKERIN) dan Ketua Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK YPWKS CILEGON.
4. Bapak Giyo Supriyatno S.Pd.T, selaku Wali Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK YPWKS CILEGON.
5. Bapak Supriyanto, selaku Kepala Bengkel PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG
6. Bapak Hasan Sobri, selaku Nissan Tecnichal Advisor/Forman PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG.
7. Para Mekanik, Karyawan, beserta Staf Tata Usaha di PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG.
8. Bapak Sugeng Wibowo, yang telah membantu dalam penyusunan struktur laporan.
9. Teman-teman yang telah memberi inspirasi dan motivasi.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat dan berguna sebagaimana mestinya dan menjadi saran pembelajaran kita semua demi kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan. Semoga segala bentuk bantuan yang diberikan oleh berbagai pihak bernilai amal ibadah dan mendapat imbalan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Aamiin
Cilegon,..….....……..2015
Penulis
Angga Nandya
Laporan Angga Nandya
DAFTAR ISI
Halaman Judul
Lembar Pengesahan Sekolah............................................................................ ii
Lembar Pengesahan Industri............................................................................. iii
Identitas Tentang Siswa.................................................................................... iv
Kata Pengantar.................................................................................................. v
Daftar Isi...........................................................................................................vii
Daftar Gambar.................................................................................................. viii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang .................................................................................. 1
1.2 Tujuan Prakerin ................................................................................. 1
1.3 Manfaat Prakerin ............................................................................... 2
BAB II PEROFIL PERUSAHAAN
2.1 Sejarah Singkat Nissan ...................................................................... 3
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Pengertian Sistem Rem ..................................................................... .4
3.2 Jenis-Jenis Rem ................................................................................. 5
a. Rem Tromol (Drum Brake) ................................................................................. 5
b. Rem Cakram (Disc Brake) ........................................................ 5
3.3 Komponen Utama Rem Cakram (DiscBrake) .................................. .6
a. Caliper ..................................................................................... . 6
b. Kampas Rem (Brake Pad) ........................................................ 6
c. Piringan/Cakram (Disc Rotor) ................................................... 6
3.4 Prosedur Perawatan Dan Perbaikan .................................................. 7
a. Pemeriksaan Kendaraan ............................................................ 7
b. Identifikasi Kerusakan .............................................................. .7
c. Perbaikan Kerusakan ................................................................ 7
d. Pemeriksaan Ulang .................................................................... 7
3.5 Perawatan dan Perbaikan Rem Cakram (DiscBrake) ....................... .8
a. Perlengkapan Safety ................................................................. 8
b. Alat-alat Perbaikan.................................................................... 10
c. Bahan-Bahan ............................................................................ 13
d. Langkah-langkah Perawatan dan Perbaikan Rem .................... ...15
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan ....................................................................................... 18
4.2 Saran ................................................................................................ 18
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Laporan Angga Nandya
DAFTAR GAMBAR
Gambar.1 Dealer Nissan Serang ...................................................................... .3
Gambar.2 Skema Sistem Rem Mobil .............................................................. .4
Gambar.3 Rem Tromol (Drum Brake) ............................................................ 5
Gambar.4 Rem Cakram (Disc Brake) .............................................................. 5
Gambar.5 Caliper Rem Cakram ...................................................................... 6
Gambar.6 Kampas Rem (Brake Pad) .............................................................. 6
Gambar.7 Piringan/Cakram (Disc Rotor) ........................................................ 6
Gambar.8 Wear Pack ...................................................................................... 8
Gambar.9 Helm ............................................................................................... 9
Gambar.10 Masker ......................................................................................... 9
Gambar.11 Sarung Tangan .............................................................................. 9
Gambar.12 Sepatu Safety ............................................................................... 10
Gambar.13 1 Set Kunci Sok ........................................................................... 10
Gambar.14 1 Set Kunci Pas/Ring .................................................................... 11
Gambar.15 Impact Tool ................................................................................. 11
Gambar.16 Disc Brake Piston Spreader .......................................................... 11
Gambar.17 Dongrak & Lift............................................................................... 12
Gambar.18 Kompresor..................................................................................... 12
Gambar.19 Jangaka Sorong ............................................................................. 12
Gambar.20 Air Duster Gun .............................................................................. 13
Gambar.21 Fender Cover ................................................................................ 13
Gambar.22 Mobil Nissa-Grand Livina .............................................................. 13
Gambar.23 Kampas Rem (Brake Pad) ............................................................ 14
Gambar.24 Krim Pelumas (Grease) ................................................................ 14
Gambar.25 Pembersih Rem (Brake Cleaner) .................................................. 14
Gambar.26 Ampelas ....................................................................................... 15
Gambar.27 Memasang fender ......................................................................... 15
Gambar.28 Melepas Roda .............................................................................. 15
Gambar.29 Lankah Membongkaran Rem ........................................................ 16
Gambar.30 Mengukur Ketebalan .................................................................... 16
Gambar.31 Langkah Memasang Kampas Rem ................................................ 17
Laporan Angga Nandya
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah salah satu penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja secara langsung dengan dunia kerja secara terarah untuk membentuk keahlian dan mental siswa agar pada saat lulus dari SMK siap terjun dalam dunia kerja.
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dilaksanakan selama 1 (satu) bulan. Untuk program keahlian teknik kendaraan ringan khususnya, pihak sekolah telah bekerjasama dengan perusahaan PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG sebagai salah satu tempat dilaksankannya Praktik Kerja Industri. Hal ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu dari tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam mencapai tujuan yang relevan antara dunia pendidikan dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja, sekaligus sebagai syarat untuk mengikuti UN (Ujian Nasional).
Kegiatan penyelenggaraan PRAKERIN ini diharapkan dapat meningkatkan keahlian dan etos kerja siswa yang meliputi: kemampuan bekerja, motivasi kerja, inisiatif, kreativitas, disiplin dan kerajinan dalam bekerja.
1.2 TUJUAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
a) Meningkatkan mutu dan pendidikan kejuruan melalui peran dunia kerja
b) Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas
c) Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan,keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja
d) Memberi pengetahuan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses pendidikan
e) Memperoleh kesetaraan dan kesepadanan antara sekolah dan dunia kerja
1.3 MANFAAT PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKRIN)
a) Manfaat Prakerin Bagi Siswa
1. Meningkatkan rasa percaya diri, disiplin dan tanggung jawab.
2. Mengetahui arti penting disiplin dan tanggungjawab dalam melaksanakan tugas.
3. Memperoleh wawasan luas mengenai seluk beluk dunia kerja.
4. Dapat memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh di sekolah.
5. Dapat membandingkan kemampuan yang diperoleh di sekolah dengan yang dibutuhkan di dunia kerja.
b) Manfaat prakerin bagi sekolah
1. Tujuan pendidikan untuk mendapat keahlian proffesional lebih mudah dicapai
2. Dapat menyesuaikan program pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja
c) Manfaat prakerin bagi Industri
1. Dapat memilih peserta Prakerin baik jumlah, kemampuan, penampilan dan waktu yang dianggap menguntungkan
2. Dapat mengenal persis kualitas siswa yang berlatih di instansi/ industri
3. Dapat berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan pada khususnya dan pengembangan bangsa pada umumnya.
Laporan Angga Nandya
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1 SEJARAH SINGKAT NISSAN
Gambar.1 Dealer Nissan Serang
Perjalanan sejarah Nissan dimulai dengan munculnya kendaraan merk DATSON pada bulan Agustus tahun 1931 yang dibuat oleh DAT Automobile Manufacturing. Pada tahun 1932, kata SON diganti menjadi SUN, sehingga namanya berubah menjadi DATSUN, yang dapat diartikan sebagai suatu harapan adar bisnis keluarga DAT ini dapat bersinar seperti cahaya matahari.
Pada tanggal 1 Juni 1934, Nihon Sangyo (Nissan) menjadi pemegang saham utama perusahaan dan sekaligus merubah nama perusahaan menjadi NISSAN MOTOR CO. LTD. Pada tahun yang sama, pabrik berhasil melakukan ekspor perdana Datsun pada bulan Agustus ke Australia. Nissan pertama kali masuk secara resmi ke Indonesia masih dengan nama DATSUN pada tahun 1969/1970.
Jenis kendaraan yang diproduksi pada waktu itu adalah pick up, multi purpose (Jeep) dan sedan dengan produksi rata-rata 750 unit/bulan. Pada tahun 1989, kendaraan yang dipasarkan adalah jenis sedan, seperti Nissan Sentra dan Cefiro. Saat ini sudah banyak jenis mobil yang dipasarkan di Indonesia oleh Nissan, seperti Nissan Livina family, Nissan Evalia, Nissan Serena, Nissan X-Trail, Nissan Teana, Nissan Juke, Nissan March, dan Nissan Elgrand.
Laporan Angga Nandya
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 PENGERERTIAN SISTEM REM
Gambar.2 Skema Sistem Rem Mobil
Sistem rem termasuk komponen terpenting bagi kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan serta memberikan kemungkinan dapat memparkir kendaraan ditempat yang menurun. Peranan rem sangat penting dalam sistem mesin, misalnya pada mesin mobil, sepeda motor, mesin cuci, dan sebagainya.
Selain itu rem juga mempunyai kelemahan yaitu rem sering mengalami blong, hal ini diakibatkan karena pemeliharaan yang kurang rutin dan penyebab terjadinya rem blong yaitu kampas rem habis (aus), minyak rem habis, dan terjadinya kebocoran pada seal piston rem, master rem, ataupun pada selang remnya, maka dari itu pemeliharaan rem harus sangat diperhatikan.
3.2 JENIS-JENIS REM
a. Rem Tromol (Drum Brake)
Gambar.3 Rem Tromol (Drum Brake)
Rem tromol adalah rem bekerja atas dasar gesekan antara sepatu rem dengan drum yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan. Agar gesekan dapat memperlambat kendaraan dengan baik, maka sepatu rem di buat dari bahan yang mempunyai koefisien gesek yang tinggi. Rem drum memiliki kelemahan jika terendam air, tidak dapat berfungsi dengan baik karena koefisien gesek berkurang secara significant
b. Rem Cakram (Disc Brake)
Gambar.4 Rem Cakram (Disc Brake)
Rem cakram merupakan perangkat pengereman yang digunakan pada kendaraan modern. Cara kerja rem ini ialah dengan cara menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan, untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pad) ke cakram.
3.3 KOMPONEN UTAMA REM CAKRAM (DISC BRAKE)
a. Caliper
Gambar.5 Caliper Rem Cakram
Caliper rem merupakan bagian sistem rem yang berfungsi mencengkram piringan cakram yang menyatu roda sehingga putaran roda melambat/berhenti.
b. Kampas Rem (Brake Pad)
Gambar.6 Kampas Rem (Brake Pad)
Brake pad pada umumnya berfungsi memberi daya gesek pada cakram, sehingga dapat menghasilkan daya pengereman .
c. Piringan/Cakram (Disc Rotor)
Gambar.7 Piringan/Cakram (Disc Rotor)
Cakram berfungsi sebagai tempat (alas) bergeseknya kampas rem (brake pad), sehingga dapat memperlambat gerak putar roda pada kendaraan.
3.4 PROSEDUR PERAWATAN DAN PERBAIKAN
Pada dasarnya kendaraan mempunyai umur atau jangka waktu operasi, sebelumnya jadwal perawatan dan perbaikan harus dipatuhi, maka dengan demkian harus diperlukaan perbaikan secara bekala. Berikut beberapa prosedus yang perlu diperhatikan:
a. Pemeriksaan Kendaraan.
Seorang pengendara perlu mengetahui kondisi normal kendaraan sehingga jika ada masalah dalam operasi kendaraan, pengemudi/pemiliknya dapat mengetahui apa yang terjadi kerusakan atau tidak kepada kendaraannya.
b. Identifikasi Kerusakan
Setelah diketahui ada bagian yang mengalami kerusakan, dengan semestinya perlu kita lakukan pengindetifikasikan kerusakan yang terjadi, itu dapat dilakukan dengan alat indra.
c. Perbaikan Kerusakan
Setelah diketahui bagian yang rusak dapat segera dilakukan perbaikan, Sebelumnya kita harus perlu pengetahuan tentang mekanisme dan tentang cara pemasangan komponen yang benar danp eralatan yang memadai.
d. Pemeriksaan Ulang
Jika telah dilakukan perbaikan perlu diperiksa apakah bagian yang rusak sudah bekerja dengan baik kembali.
3.5 PERAWATAN DAN PERBAIKAN REM CAKRAM (DISC BRAKE)
Adapun dalam melakukan perawatan dan perbaikan sistem rem kita perlu mempehatikan beberapa aspek, seperti perlengkapan keamanan kerja (safety), peralatan kerja dan bahan-bahan serata langkah-langkah perbaikan.
a. Perlengkapan Safety
Perlengkapan keamanan kerja (safety) ialah Seperangkat alat yang digunakan tenaga kerja untuk melindungi sebagian atau seluruh tubuhnya dari potensi bahaya atau kecelakaan kerja. Pada perlengkapan ini sangat disarankan supaya digunakan menurut prosedur dan harus memenuhi standar nasional. Berikut pelengkapan safety yang harus dipakai dalam perbaikan rem:
1. Wear Pack
Gambar.8 Wear Pack
Wear pack berfungsi untuk melindungi kulit dari benda kasar dan tajam serta melindungi dari tempat/lingkungan yang kotor.
2. Helm
Gambar.9 Helm
Helm berfungsi melindungi kepala dari cidera akibat benda-benda yang jatuh dan melindungi kepala dari benturan pada benda keras/tajam
3. Masker
Gambar.10 Masker
Masker berfungsi untuk mulut dan hidung dari partikel-partikel/debu/asap yang cukup berbahaya bagi organ tubuh.
4. Sarung Tangan
Gambar.11 Sarung Tangan
Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan dari luka tersayat atau tertusuk oleh tepi-tepi/ujung-ujung runcing pada benda keras.
5. Sepatu Safety (Safety Shoes)
Gambar.12 Sepatu Safety
Sepatu safety berfungsi untuk melindungi bagian kaki (ujung jari-jari kaki) dari cidera akibat tertimpa benda-benda berat dan menjaga pemakai agar tidak mudah terpelest pada tempat-tempat yang licin.
b. Peralatan Kerja
Beberapa aspek yeng perlu diperhatikan dalam peralatan kerja ialah: Alat yang digunakan harus sesuai dengan troubelnya serta sesuai dengan kebutuhan, alat haru memenuhi standar nasional, sebelum menggunakan alat sebaiknya mengecek atau mengkalibrasinya terlebih dahulu.
Berikut peralatan yang digunakan dalam trouble disc brake (rem cakram):
1. Kunci Sok
Gambar.13 1 Set Kunci Sok
Kunci sok berfungsi untuk mengencangkan dan mengeandurkan baut/mur
2. Kunci Pas/Ring (Kunci Kombinasi)
Gambar.14 1 Set Kunci Kombinasi
Kunci kombinasi adalah alat yang berfungsi untuk mengencangkan baut/mur.
3. Impact Tool
Gambar.15 Impact Tool
Impac tool merupakan alat bantu untuk kunci sok yang berfungsi sebagai pemutar agar lebih cepat dan mudah.
4. Disc Brake Piston Spreader
Gambar.16 Disc Brake Piston Spreader
Disc Brake Piston Spreader berfungsi untuk menekan/mendorong piston rem.
5. Lift atau Dongkrak
Gambar.17 Dongrak & Lift
Lift/dongkrak adalah alat yang berfungsi menaikan benda berat dan kendaraan.
6. Kompresor
Gambar.18 Kompresor
Kompresor berfungsi untuk melayani udara yang bertekanan, yaitu dengan cara mengisap udara luar dan dikompresikannya dalam suatu sistem atau tabung kompresor itu sendiri
7. Jangka Sorong (Vernier Cliper)
Gambar.19 Jangaka Sorong
Jangka sororong berfungsi untuk mengukur diameter bagian dalam, diameter bagian luar, dan kedalaman benda serta mengukur ketebalan benda.
8. Air Duster Gun
Gambar.20 Air Duster Gun
Air duster gun adalah alat bantu untuk menyemprotkan angin (udara) dari kompresor agar dapat terarah.
9. Fender Cover
Gambar.21 Fender Cover
Fender cover berfungsi untuk melindungi body mobil agar tidak lecet/tergores saat terkena benda kasar.
c. Bahan-Bahan
1. Satu Unit Mobil Nissan-Grand Livina
Gambar.22 Mobil Nissa-Grand Livina
2. Kampas Rem (Brake Pad)
Gambar.23 Kampas Rem (Brake Pad)
3. Krim Pelumas (Grease)
Gambar.24 Krim Pelumas (Grease)
Grease biasanya berfungsi untuk melumasi komponen kendaraan yang memiliki keausan tertentu.
4. Pembersih Rem (Brake Cleaner)
Gambar.25 Pembersih Rem (Brake Cleaner)
Brake clearner adalah cairan yang berfungsi untuk membersihkan kompnen rem dari kotoran atau korosi (karat) yang menempel.
5. Ampelas
Gambar.26 Ampelas
Ampelas berfungsi untuk meratakan dan menghaluskan bendan-benda padat/keras.
d. Langkah-langkah Perawatan dan Perbaikan Rem Cakram (Disc Brake Pad) Pada Mobil Nissan-Grand Livina
1. Memasang fender cover pada bagian samping depan body mobil
Gambar.27 Memasang fender
2. Melepas roda mobil
Gambar.28 Melepas Roda
- Menempatkan kendaraan ditempat yang rata/landai.
- Menaikan mobil menggunakan lift/dongkrak.
- Melepaskan semua mur/baut roda menggunakan impact dan kunci sok 21 atau menggunakan kunci roda manual, kemudian lepaskan roda dengan cara angkat dan tarik keluar.
3. Melepas kampas rem (brake pad)
Gambar.29 Langkah Membongkaran Rem
- Melepaskan baut caliper menggunakan kunci ring 14, kemudian buka caliper dengan cara menaikan caliper keatas.
- Lepaskan masing-masing kampas menggunakan tangan atau pun alat bantu lainnya.
- Membersihkan setiap komponen rem menggunakan brake clearner dan semprot dengan kompresor.
4. Mengecek dan Mengukur ketebalan kampas rem (brake pad)
Gambar.30 Mengukur Ketebalan
Bake Pad
Dalam mengecek dang pengukuran kampas rem bisa dilakukan secara manual dengan cara melihat ketebalannya saja ataupun bisa menggunakan jangka sorong. Berikut cara mengukur kampas rem menggunakan jangka sorong :
- Mengkalibrasikan/mengecek jangka sorong terlebih dahulu.
- Mengukur ketebalan kampas dengan cara menempatkan kampas ditengah-tengah tuas pengukur diameter luar dari jangka sorong
- Kemudian membaca skala pengukuran utama dan skala vernier yang didapat pada jangka sorong.
5. Memasang Kampas Rem (Brake Pad)
Gambar.31 Langkah Memasang Kampas Rem
- Meratakan kampas menggunakan ampelas, kemudian oleskan sedikit cream grease pada bagian kampas rem dan baut caliper.
- Memasang kampas sesuai posisi dan jangan sampai terbalik. Kemudian tutup kembali kampas rem dengan caliper rem secara perlahan dan baut.
- Terakhir memasang kembali roda dan baut secara menyilang untuk mendapat kerapatan yang rata pada roda. Kemudian menurunkan mobil secara perlahan. Lalu membereskan dan memrapikan kembali peralatan.
Laporan Angga Nandya
BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Dari uraian diatas yang penulis sajikan maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa :
Rem merupakanan komponen yang juga berperan penting pada kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan laju kendaraan serta memberikan kemungkinan dapat memparkir kendaraan ditempat yang menurun.
Rem juga mempunyai masalah dalam sistem kerjanya (pengoperasiannya). Misalnya, rem kotor, rusak dan bahkan rem blong. Maka dari pada itu mengecek, merawat maupun memperbaikinya dilakukan secara rutin.
4.2 SARAN
Lakukan perawatan dan perbaikan kendaraan secara rutin (berkala) sesuai prosedur yang tertera dalam buku service maupun panduan mengenai Teknik Otomotif yang bisa didapat dari modul maupun internet (Web). Khususnya dalam system rem sebaiknya selalu mengecek, merewat ataupun memperbaikinya benar-benar dilakukan secara rutin, guna menghindari terjadinya kerusakan rem atau tidak berfungsi rem dengan baik (rem blong) pada kendaraan. Dan utamakan keselamatan kerja dalam perwatan ataupun perbaikan serta utamakan keselamatan berkendara.
Laporan Angga Nandya
DAFTAR PUSTAKA
http://mobil.otomotifnet.com
http://mekanikotomotifsmksakti.blogspot.com
www.lensaindonesia.com
http://summitindusgroup.com
www.alatbengkel.biz
www.caranddriver.com
http://gamesiana.com
http://chendltools.com
https://yogarg.wordpress.com
http://automobil.com
Kurang Lebihnya Mohon Maaf, Jika dalam penulisan contoh laporan diatas kurang berkenan atau ada kesalahan bahasa maupun strukturmya, Harap di malumi... bahwasanya manusia tak luput dari kesalahan
Saran dan Pendapat Anda.. Saya terima dengan lapang dada..!!!!!
Sumber:angganandya
(PRAKERIN)
PERAWATAN DAN PERBAIKAN REM CAKRAM (DISC BRAKE)
MOBIL NISSAN-GRAND LIVINA
Di
PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG
(Laporan ini dibuat sebagi syarat pemenuhan kurikulum
dan mengikutit ujian pertanggung jawaban PRAKERIN)
Di Susun Oleh:
Nama : AHMAD DAYANI
NISN : 9986013017
KOPETENSI KEAHLIAN
TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR)
SMK YP KRAKATAU STEEL CILEGON
Jl.Kota Bumi No.1 Kec.Purwakarta
Cilegon-Banten
2015
LAPORAN PENGESAHAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
(Laporan ini dibuat sebagai syarat pemenuhan kurikulum
dan mengikuti ujian penanggung jawaban PRAKERIN)
PIHAK SEKOLAH
Cilegon,.........................2015
Menyetujui/Mengesahkan
Ketua Jurusan Pembimbing
Bambang Setyo ST,MT. Bambang Setyo ST,MT.
Mengetahui,
Kepala SMK YPW Krakatu Steel
Laporan Angga Nandya
Drs.Yoyo
NIP.195605241986031005
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
Dari
PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG
Disetujui dan Disahkan
Pada Tanggal,....................2015
Mekanik Nissan Tecnichal Advisor
Imam Baedoi Hasan Sobri
Mengetahui,
Kepala Bengkel
Supriyanto
Laporan Angga Nandya
IDENTITAS TENTANG SISWA
Nama : AHMAD DAYANI
NISN : 9986013017
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Tempat Tanggal Lahir : Cimahi,29 November 2001
Agama : Islam
Anak Ke : 1 (satu) dari 2 (dua)
Alamat Siswa : Kp.Pasir Asem
: Jln. Waringin Kurung-Sasahan
Telepon/Hp : +62898465939
Sekolah
a. Nama Sekolah : SMK YPW KRAKATU STEEL
b. Status : Terakreditasi A
c. Alamat Sekolah : Jln. Kota Bumi No.1
Nama Orang Tua/Wali : Hadiri
Pekerjaan : Buruh
Alamat Orang Tua/Wali : Kp. Badali
: Jl. Pasuruhan-Waringin Kurung
Laporan Ahmad Dayani
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dengan memanjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT, karena begitu besar penyertaan-Nya yang telah mengantarkan penulis dalam menyusun Laporan Peraktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini yang berjudul “PERAWATAN DAN PERBAIKAN REM CAKRAM (DISC BRAKE)”. Laporan ini berisi apa yang telah di kerjakan dan pengalaman penulis saat melaksanakan Peraktek Kerja Industri (PRAKERIN) di PT. INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG.
Dalam menyusun laporan ini penulis menghadapi banyak rintangan dan hambatan, namun atas bantuan dari berbagi pihak akhirnya semua dapat terselesaikan. Oleh karenanya dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan banyak terima kasih pada semua pihak yang telah membantu penulis diantaranya
Kepada:
1. Kedua Orang Tua, yang selalu memberikan do’a dan kasih sayangnya.
2. Bapak Drs.Yoyo, selaku Kepala Sekolah SMK YPWKS CILEGON.
3. Bapak Bambang Setyo ST,MT. selaku Pembimbing (PRAKERIN) dan Ketua Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK YPWKS CILEGON.
4. Bapak Giyo Supriyatno S.Pd.T, selaku Wali Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK YPWKS CILEGON.
5. Bapak Supriyanto, selaku Kepala Bengkel PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG
6. Bapak Hasan Sobri, selaku Nissan Tecnichal Advisor/Forman PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG.
7. Para Mekanik, Karyawan, beserta Staf Tata Usaha di PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG.
8. Bapak Sugeng Wibowo, yang telah membantu dalam penyusunan struktur laporan.
9. Teman-teman yang telah memberi inspirasi dan motivasi.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat dan berguna sebagaimana mestinya dan menjadi saran pembelajaran kita semua demi kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan. Semoga segala bentuk bantuan yang diberikan oleh berbagai pihak bernilai amal ibadah dan mendapat imbalan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Aamiin
Cilegon,..….....……..2015
Penulis
Angga Nandya
Laporan Angga Nandya
DAFTAR ISI
Halaman Judul
Lembar Pengesahan Sekolah............................................................................ ii
Lembar Pengesahan Industri............................................................................. iii
Identitas Tentang Siswa.................................................................................... iv
Kata Pengantar.................................................................................................. v
Daftar Isi...........................................................................................................vii
Daftar Gambar.................................................................................................. viii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang .................................................................................. 1
1.2 Tujuan Prakerin ................................................................................. 1
1.3 Manfaat Prakerin ............................................................................... 2
BAB II PEROFIL PERUSAHAAN
2.1 Sejarah Singkat Nissan ...................................................................... 3
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Pengertian Sistem Rem ..................................................................... .4
3.2 Jenis-Jenis Rem ................................................................................. 5
a. Rem Tromol (Drum Brake) ................................................................................. 5
b. Rem Cakram (Disc Brake) ........................................................ 5
3.3 Komponen Utama Rem Cakram (DiscBrake) .................................. .6
a. Caliper ..................................................................................... . 6
b. Kampas Rem (Brake Pad) ........................................................ 6
c. Piringan/Cakram (Disc Rotor) ................................................... 6
3.4 Prosedur Perawatan Dan Perbaikan .................................................. 7
a. Pemeriksaan Kendaraan ............................................................ 7
b. Identifikasi Kerusakan .............................................................. .7
c. Perbaikan Kerusakan ................................................................ 7
d. Pemeriksaan Ulang .................................................................... 7
3.5 Perawatan dan Perbaikan Rem Cakram (DiscBrake) ....................... .8
a. Perlengkapan Safety ................................................................. 8
b. Alat-alat Perbaikan.................................................................... 10
c. Bahan-Bahan ............................................................................ 13
d. Langkah-langkah Perawatan dan Perbaikan Rem .................... ...15
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan ....................................................................................... 18
4.2 Saran ................................................................................................ 18
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Laporan Angga Nandya
DAFTAR GAMBAR
Gambar.1 Dealer Nissan Serang ...................................................................... .3
Gambar.2 Skema Sistem Rem Mobil .............................................................. .4
Gambar.3 Rem Tromol (Drum Brake) ............................................................ 5
Gambar.4 Rem Cakram (Disc Brake) .............................................................. 5
Gambar.5 Caliper Rem Cakram ...................................................................... 6
Gambar.6 Kampas Rem (Brake Pad) .............................................................. 6
Gambar.7 Piringan/Cakram (Disc Rotor) ........................................................ 6
Gambar.8 Wear Pack ...................................................................................... 8
Gambar.9 Helm ............................................................................................... 9
Gambar.10 Masker ......................................................................................... 9
Gambar.11 Sarung Tangan .............................................................................. 9
Gambar.12 Sepatu Safety ............................................................................... 10
Gambar.13 1 Set Kunci Sok ........................................................................... 10
Gambar.14 1 Set Kunci Pas/Ring .................................................................... 11
Gambar.15 Impact Tool ................................................................................. 11
Gambar.16 Disc Brake Piston Spreader .......................................................... 11
Gambar.17 Dongrak & Lift............................................................................... 12
Gambar.18 Kompresor..................................................................................... 12
Gambar.19 Jangaka Sorong ............................................................................. 12
Gambar.20 Air Duster Gun .............................................................................. 13
Gambar.21 Fender Cover ................................................................................ 13
Gambar.22 Mobil Nissa-Grand Livina .............................................................. 13
Gambar.23 Kampas Rem (Brake Pad) ............................................................ 14
Gambar.24 Krim Pelumas (Grease) ................................................................ 14
Gambar.25 Pembersih Rem (Brake Cleaner) .................................................. 14
Gambar.26 Ampelas ....................................................................................... 15
Gambar.27 Memasang fender ......................................................................... 15
Gambar.28 Melepas Roda .............................................................................. 15
Gambar.29 Lankah Membongkaran Rem ........................................................ 16
Gambar.30 Mengukur Ketebalan .................................................................... 16
Gambar.31 Langkah Memasang Kampas Rem ................................................ 17
Laporan Angga Nandya
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah salah satu penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja secara langsung dengan dunia kerja secara terarah untuk membentuk keahlian dan mental siswa agar pada saat lulus dari SMK siap terjun dalam dunia kerja.
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dilaksanakan selama 1 (satu) bulan. Untuk program keahlian teknik kendaraan ringan khususnya, pihak sekolah telah bekerjasama dengan perusahaan PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG sebagai salah satu tempat dilaksankannya Praktik Kerja Industri. Hal ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu dari tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam mencapai tujuan yang relevan antara dunia pendidikan dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja, sekaligus sebagai syarat untuk mengikuti UN (Ujian Nasional).
Kegiatan penyelenggaraan PRAKERIN ini diharapkan dapat meningkatkan keahlian dan etos kerja siswa yang meliputi: kemampuan bekerja, motivasi kerja, inisiatif, kreativitas, disiplin dan kerajinan dalam bekerja.
1.2 TUJUAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
a) Meningkatkan mutu dan pendidikan kejuruan melalui peran dunia kerja
b) Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas
c) Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan,keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja
d) Memberi pengetahuan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses pendidikan
e) Memperoleh kesetaraan dan kesepadanan antara sekolah dan dunia kerja
1.3 MANFAAT PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKRIN)
a) Manfaat Prakerin Bagi Siswa
1. Meningkatkan rasa percaya diri, disiplin dan tanggung jawab.
2. Mengetahui arti penting disiplin dan tanggungjawab dalam melaksanakan tugas.
3. Memperoleh wawasan luas mengenai seluk beluk dunia kerja.
4. Dapat memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh di sekolah.
5. Dapat membandingkan kemampuan yang diperoleh di sekolah dengan yang dibutuhkan di dunia kerja.
b) Manfaat prakerin bagi sekolah
1. Tujuan pendidikan untuk mendapat keahlian proffesional lebih mudah dicapai
2. Dapat menyesuaikan program pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja
c) Manfaat prakerin bagi Industri
1. Dapat memilih peserta Prakerin baik jumlah, kemampuan, penampilan dan waktu yang dianggap menguntungkan
2. Dapat mengenal persis kualitas siswa yang berlatih di instansi/ industri
3. Dapat berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan pada khususnya dan pengembangan bangsa pada umumnya.
Laporan Angga Nandya
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1 SEJARAH SINGKAT NISSAN
Gambar.1 Dealer Nissan Serang
Perjalanan sejarah Nissan dimulai dengan munculnya kendaraan merk DATSON pada bulan Agustus tahun 1931 yang dibuat oleh DAT Automobile Manufacturing. Pada tahun 1932, kata SON diganti menjadi SUN, sehingga namanya berubah menjadi DATSUN, yang dapat diartikan sebagai suatu harapan adar bisnis keluarga DAT ini dapat bersinar seperti cahaya matahari.
Pada tanggal 1 Juni 1934, Nihon Sangyo (Nissan) menjadi pemegang saham utama perusahaan dan sekaligus merubah nama perusahaan menjadi NISSAN MOTOR CO. LTD. Pada tahun yang sama, pabrik berhasil melakukan ekspor perdana Datsun pada bulan Agustus ke Australia. Nissan pertama kali masuk secara resmi ke Indonesia masih dengan nama DATSUN pada tahun 1969/1970.
Jenis kendaraan yang diproduksi pada waktu itu adalah pick up, multi purpose (Jeep) dan sedan dengan produksi rata-rata 750 unit/bulan. Pada tahun 1989, kendaraan yang dipasarkan adalah jenis sedan, seperti Nissan Sentra dan Cefiro. Saat ini sudah banyak jenis mobil yang dipasarkan di Indonesia oleh Nissan, seperti Nissan Livina family, Nissan Evalia, Nissan Serena, Nissan X-Trail, Nissan Teana, Nissan Juke, Nissan March, dan Nissan Elgrand.
Laporan Angga Nandya
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 PENGERERTIAN SISTEM REM
Gambar.2 Skema Sistem Rem Mobil
Sistem rem termasuk komponen terpenting bagi kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan serta memberikan kemungkinan dapat memparkir kendaraan ditempat yang menurun. Peranan rem sangat penting dalam sistem mesin, misalnya pada mesin mobil, sepeda motor, mesin cuci, dan sebagainya.
Selain itu rem juga mempunyai kelemahan yaitu rem sering mengalami blong, hal ini diakibatkan karena pemeliharaan yang kurang rutin dan penyebab terjadinya rem blong yaitu kampas rem habis (aus), minyak rem habis, dan terjadinya kebocoran pada seal piston rem, master rem, ataupun pada selang remnya, maka dari itu pemeliharaan rem harus sangat diperhatikan.
3.2 JENIS-JENIS REM
a. Rem Tromol (Drum Brake)
Gambar.3 Rem Tromol (Drum Brake)
Rem tromol adalah rem bekerja atas dasar gesekan antara sepatu rem dengan drum yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan. Agar gesekan dapat memperlambat kendaraan dengan baik, maka sepatu rem di buat dari bahan yang mempunyai koefisien gesek yang tinggi. Rem drum memiliki kelemahan jika terendam air, tidak dapat berfungsi dengan baik karena koefisien gesek berkurang secara significant
b. Rem Cakram (Disc Brake)
Gambar.4 Rem Cakram (Disc Brake)
Rem cakram merupakan perangkat pengereman yang digunakan pada kendaraan modern. Cara kerja rem ini ialah dengan cara menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan, untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pad) ke cakram.
3.3 KOMPONEN UTAMA REM CAKRAM (DISC BRAKE)
a. Caliper
Gambar.5 Caliper Rem Cakram
Caliper rem merupakan bagian sistem rem yang berfungsi mencengkram piringan cakram yang menyatu roda sehingga putaran roda melambat/berhenti.
b. Kampas Rem (Brake Pad)
Gambar.6 Kampas Rem (Brake Pad)
Brake pad pada umumnya berfungsi memberi daya gesek pada cakram, sehingga dapat menghasilkan daya pengereman .
c. Piringan/Cakram (Disc Rotor)
Gambar.7 Piringan/Cakram (Disc Rotor)
Cakram berfungsi sebagai tempat (alas) bergeseknya kampas rem (brake pad), sehingga dapat memperlambat gerak putar roda pada kendaraan.
3.4 PROSEDUR PERAWATAN DAN PERBAIKAN
Pada dasarnya kendaraan mempunyai umur atau jangka waktu operasi, sebelumnya jadwal perawatan dan perbaikan harus dipatuhi, maka dengan demkian harus diperlukaan perbaikan secara bekala. Berikut beberapa prosedus yang perlu diperhatikan:
a. Pemeriksaan Kendaraan.
Seorang pengendara perlu mengetahui kondisi normal kendaraan sehingga jika ada masalah dalam operasi kendaraan, pengemudi/pemiliknya dapat mengetahui apa yang terjadi kerusakan atau tidak kepada kendaraannya.
b. Identifikasi Kerusakan
Setelah diketahui ada bagian yang mengalami kerusakan, dengan semestinya perlu kita lakukan pengindetifikasikan kerusakan yang terjadi, itu dapat dilakukan dengan alat indra.
c. Perbaikan Kerusakan
Setelah diketahui bagian yang rusak dapat segera dilakukan perbaikan, Sebelumnya kita harus perlu pengetahuan tentang mekanisme dan tentang cara pemasangan komponen yang benar danp eralatan yang memadai.
d. Pemeriksaan Ulang
Jika telah dilakukan perbaikan perlu diperiksa apakah bagian yang rusak sudah bekerja dengan baik kembali.
3.5 PERAWATAN DAN PERBAIKAN REM CAKRAM (DISC BRAKE)
Adapun dalam melakukan perawatan dan perbaikan sistem rem kita perlu mempehatikan beberapa aspek, seperti perlengkapan keamanan kerja (safety), peralatan kerja dan bahan-bahan serata langkah-langkah perbaikan.
a. Perlengkapan Safety
Perlengkapan keamanan kerja (safety) ialah Seperangkat alat yang digunakan tenaga kerja untuk melindungi sebagian atau seluruh tubuhnya dari potensi bahaya atau kecelakaan kerja. Pada perlengkapan ini sangat disarankan supaya digunakan menurut prosedur dan harus memenuhi standar nasional. Berikut pelengkapan safety yang harus dipakai dalam perbaikan rem:
1. Wear Pack
Gambar.8 Wear Pack
Wear pack berfungsi untuk melindungi kulit dari benda kasar dan tajam serta melindungi dari tempat/lingkungan yang kotor.
2. Helm
Gambar.9 Helm
Helm berfungsi melindungi kepala dari cidera akibat benda-benda yang jatuh dan melindungi kepala dari benturan pada benda keras/tajam
3. Masker
Gambar.10 Masker
Masker berfungsi untuk mulut dan hidung dari partikel-partikel/debu/asap yang cukup berbahaya bagi organ tubuh.
4. Sarung Tangan
Gambar.11 Sarung Tangan
Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan dari luka tersayat atau tertusuk oleh tepi-tepi/ujung-ujung runcing pada benda keras.
5. Sepatu Safety (Safety Shoes)
Gambar.12 Sepatu Safety
Sepatu safety berfungsi untuk melindungi bagian kaki (ujung jari-jari kaki) dari cidera akibat tertimpa benda-benda berat dan menjaga pemakai agar tidak mudah terpelest pada tempat-tempat yang licin.
b. Peralatan Kerja
Beberapa aspek yeng perlu diperhatikan dalam peralatan kerja ialah: Alat yang digunakan harus sesuai dengan troubelnya serta sesuai dengan kebutuhan, alat haru memenuhi standar nasional, sebelum menggunakan alat sebaiknya mengecek atau mengkalibrasinya terlebih dahulu.
Berikut peralatan yang digunakan dalam trouble disc brake (rem cakram):
1. Kunci Sok
Gambar.13 1 Set Kunci Sok
Kunci sok berfungsi untuk mengencangkan dan mengeandurkan baut/mur
2. Kunci Pas/Ring (Kunci Kombinasi)
Gambar.14 1 Set Kunci Kombinasi
Kunci kombinasi adalah alat yang berfungsi untuk mengencangkan baut/mur.
3. Impact Tool
Gambar.15 Impact Tool
Impac tool merupakan alat bantu untuk kunci sok yang berfungsi sebagai pemutar agar lebih cepat dan mudah.
4. Disc Brake Piston Spreader
Gambar.16 Disc Brake Piston Spreader
Disc Brake Piston Spreader berfungsi untuk menekan/mendorong piston rem.
5. Lift atau Dongkrak
Gambar.17 Dongrak & Lift
Lift/dongkrak adalah alat yang berfungsi menaikan benda berat dan kendaraan.
6. Kompresor
Gambar.18 Kompresor
Kompresor berfungsi untuk melayani udara yang bertekanan, yaitu dengan cara mengisap udara luar dan dikompresikannya dalam suatu sistem atau tabung kompresor itu sendiri
7. Jangka Sorong (Vernier Cliper)
Gambar.19 Jangaka Sorong
Jangka sororong berfungsi untuk mengukur diameter bagian dalam, diameter bagian luar, dan kedalaman benda serta mengukur ketebalan benda.
8. Air Duster Gun
Gambar.20 Air Duster Gun
Air duster gun adalah alat bantu untuk menyemprotkan angin (udara) dari kompresor agar dapat terarah.
9. Fender Cover
Gambar.21 Fender Cover
Fender cover berfungsi untuk melindungi body mobil agar tidak lecet/tergores saat terkena benda kasar.
c. Bahan-Bahan
1. Satu Unit Mobil Nissan-Grand Livina
Gambar.22 Mobil Nissa-Grand Livina
2. Kampas Rem (Brake Pad)
Gambar.23 Kampas Rem (Brake Pad)
3. Krim Pelumas (Grease)
Gambar.24 Krim Pelumas (Grease)
Grease biasanya berfungsi untuk melumasi komponen kendaraan yang memiliki keausan tertentu.
4. Pembersih Rem (Brake Cleaner)
Gambar.25 Pembersih Rem (Brake Cleaner)
Brake clearner adalah cairan yang berfungsi untuk membersihkan kompnen rem dari kotoran atau korosi (karat) yang menempel.
5. Ampelas
Gambar.26 Ampelas
Ampelas berfungsi untuk meratakan dan menghaluskan bendan-benda padat/keras.
d. Langkah-langkah Perawatan dan Perbaikan Rem Cakram (Disc Brake Pad) Pada Mobil Nissan-Grand Livina
1. Memasang fender cover pada bagian samping depan body mobil
Gambar.27 Memasang fender
2. Melepas roda mobil
Gambar.28 Melepas Roda
- Menempatkan kendaraan ditempat yang rata/landai.
- Menaikan mobil menggunakan lift/dongkrak.
- Melepaskan semua mur/baut roda menggunakan impact dan kunci sok 21 atau menggunakan kunci roda manual, kemudian lepaskan roda dengan cara angkat dan tarik keluar.
3. Melepas kampas rem (brake pad)
Gambar.29 Langkah Membongkaran Rem
- Melepaskan baut caliper menggunakan kunci ring 14, kemudian buka caliper dengan cara menaikan caliper keatas.
- Lepaskan masing-masing kampas menggunakan tangan atau pun alat bantu lainnya.
- Membersihkan setiap komponen rem menggunakan brake clearner dan semprot dengan kompresor.
4. Mengecek dan Mengukur ketebalan kampas rem (brake pad)
Gambar.30 Mengukur Ketebalan
Bake Pad
Dalam mengecek dang pengukuran kampas rem bisa dilakukan secara manual dengan cara melihat ketebalannya saja ataupun bisa menggunakan jangka sorong. Berikut cara mengukur kampas rem menggunakan jangka sorong :
- Mengkalibrasikan/mengecek jangka sorong terlebih dahulu.
- Mengukur ketebalan kampas dengan cara menempatkan kampas ditengah-tengah tuas pengukur diameter luar dari jangka sorong
- Kemudian membaca skala pengukuran utama dan skala vernier yang didapat pada jangka sorong.
5. Memasang Kampas Rem (Brake Pad)
Gambar.31 Langkah Memasang Kampas Rem
- Meratakan kampas menggunakan ampelas, kemudian oleskan sedikit cream grease pada bagian kampas rem dan baut caliper.
- Memasang kampas sesuai posisi dan jangan sampai terbalik. Kemudian tutup kembali kampas rem dengan caliper rem secara perlahan dan baut.
- Terakhir memasang kembali roda dan baut secara menyilang untuk mendapat kerapatan yang rata pada roda. Kemudian menurunkan mobil secara perlahan. Lalu membereskan dan memrapikan kembali peralatan.
Laporan Angga Nandya
BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Dari uraian diatas yang penulis sajikan maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa :
Rem merupakanan komponen yang juga berperan penting pada kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan laju kendaraan serta memberikan kemungkinan dapat memparkir kendaraan ditempat yang menurun.
Rem juga mempunyai masalah dalam sistem kerjanya (pengoperasiannya). Misalnya, rem kotor, rusak dan bahkan rem blong. Maka dari pada itu mengecek, merawat maupun memperbaikinya dilakukan secara rutin.
4.2 SARAN
Lakukan perawatan dan perbaikan kendaraan secara rutin (berkala) sesuai prosedur yang tertera dalam buku service maupun panduan mengenai Teknik Otomotif yang bisa didapat dari modul maupun internet (Web). Khususnya dalam system rem sebaiknya selalu mengecek, merewat ataupun memperbaikinya benar-benar dilakukan secara rutin, guna menghindari terjadinya kerusakan rem atau tidak berfungsi rem dengan baik (rem blong) pada kendaraan. Dan utamakan keselamatan kerja dalam perwatan ataupun perbaikan serta utamakan keselamatan berkendara.
Laporan Angga Nandya
DAFTAR PUSTAKA
http://mobil.otomotifnet.com
http://mekanikotomotifsmksakti.blogspot.com
www.lensaindonesia.com
http://summitindusgroup.com
www.alatbengkel.biz
www.caranddriver.com
http://gamesiana.com
http://chendltools.com
https://yogarg.wordpress.com
http://automobil.com
Kurang Lebihnya Mohon Maaf, Jika dalam penulisan contoh laporan diatas kurang berkenan atau ada kesalahan bahasa maupun strukturmya, Harap di malumi... bahwasanya manusia tak luput dari kesalahan
Saran dan Pendapat Anda.. Saya terima dengan lapang dada..!!!!!
Sumber:angganandya