Cara Membuat Aplikasi Chatting Dengan Java
Wednesday, September 26, 2018
Cara Membuat Aplikasi Chatting Dengan Java
Lihat Codingnya :
1. Server mengirim data ke Client
2. Client mengirim data ke Server
Untuk mengkompile dan menjalankannya, maka ikuti langkah berikut :
Server ke Client
1. Kompile ServerKu1.java :
C:\> javac ServerKu1.java
Jalankan program :
C:\> java ServerKu1
Output :
2. Kompile ClientKu1.java :
C:\> javac ClientKu1.java
Jalankan program :
C:\> java ClientKu1
Output :
Setelah ClientKu1.class dijalankan maka anda bisa mengetikkan kalimat di jendela
Server dan akan di tampilkan di jendela klien. Untuk mengakhiri koneksi, anda bisa
menekan enter dua kali atau menutup dari jendela windows.
Client ke Server
1. Kompile ServerKu2.java :
C:\> javac ServerKu2.java
Jalankan program :
C:\> java ServerKu2
Output :
2. Kompile ClientKu2.java :
C:\> javac ClientKu2.java
Jalankan program :
C:\> java ClientKu2
Output :
Setelah ServerKu2.class dan ClientKu2.class di jalankan, sekarang kesempatan
bagi anda untuk menulis pesan di klien dan nantinya akan di teruskan ke server.
Nah, sekarang adalah suatu tantangan bagi anda untuk menyatukan dua program ini menjadi
satu program saja. Selamat mencoba!.
Arigato Hozaimasu!
Baca Juga : Cerita Kecerdikan Menumbuhkan KebaikanSeperti yg sudah saya bahas di artikel sebelumnya, Lebih baik di ketik daripada copas karena diketik akan teringat sampai kapanpun!
Lihat Codingnya :
1. Server mengirim data ke Client
// program server: simpan dalam ServerKu1.java // kompile menjadi ServerKu1.class import java.net.*; import java.io.*; public class ServerKu1 { public static void main(String[] args) { try { ServerSocket ss = new ServerSocket(2002); System.out.println("Menunggu Klien..."); Socket s = ss.accept(); System.out.println("Klien telah masuk"); System.out.println("Server pada port = "+ s.getLocalAddress().getHostAddress() + " : " + s.getLocalPort()); System.out.println("Client pada port = "+ s.getInetAddress().getHostAddress() + " : " + s.getPort()); PrintWriter pw = new PrintWriter(s.getOutputStream(), true); BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); String greeting = ""; while(!(greeting=br.readLine()).equals("")) { pw.println(greeting); } pw.close(); s.close(); ss.close(); } catch (Exception e) { e.printStackTrace(); } } } // program klien : Simpan dalam ClientKu1.java // kompile menjadi ClientKu1.class import java.net.*; import java.io.*; public class ClientKu1 { public static void main(String[] args) { try { Socket s = new Socket("127.0.0.1",2002); System.out.println("Komunikasi terhubung"); System.out.println("Client pada port = "+ s.getLocalAddress().getHostAddress() + " : "+ s.getLocalPort()); System.out.println("Server pada port = "+ s.getInetAddress().getHostAddress() + " : "+ s.getPort()); BufferedReader br = new BufferedReader( new InputStreamReader(s.getInputStream())); System.out.println("Menunggu pesan..."); String greeting = ""; while ((greeting=br.readLine())!=null) { System.out.println(greeting); } System.out.println("Selesai"); br.close(); s.close(); } catch (Exception e) { e.printStackTrace(); } } } |
2. Client mengirim data ke Server
// program server : Simpan dalam ServerKu2.java // kompile menjadi ServerKu2.class import java.net.*; import java.io.*; public class ServerKu2 { public static void main(String args[]) { int port; ServerSocket server_socket; BufferedReader input; try { port = Integer.parseInt(args[0]); } catch (Exception e) { System.out.println("port = 2000 (Standarnya)"); port = 2000; } try { server_socket = new ServerSocket(port); System.out.println("Server menunggu klien di port " + server_socket.getLocalPort()); // server mondar-mandir disini while(true) { Socket socket = server_socket.accept(); System.out.println("Hubungan baru diterima " + socket.getInetAddress() + ":" + socket.getPort()); input = new BufferedReader(new InputStreamReader(socket.getInputStream())); // menampilakan data yang diterima try { while(true) { String message = input.readLine(); if (message==null) break; System.out.println(message); } } catch (IOException e) { System.out.println(e); } // Client menutup hubungan try { socket.close(); System.out.println("Client telah menutup hubungan"); } catch (IOException e) { System.out.println(e); // program client : Simpan dalam ClientKu2.java // kompile menjadi ClientKu2.class import java.net.*; import java.io.*; public class ClientKu2 { public static void main(String[] args) { int port = 2002; String server = "localhost"; Socket socket = null; String lineToBeSent; BufferedReader input; PrintWriter output; int ERROR = 1; // read arguments if(args.length == 2) { server = args[0]; try { port = Integer.parseInt(args[1]); } catch (Exception e) { System.out.println("server port = 1500 (Standarnya)"); port = 2002; } } // Koneksi ke server try { socket = new Socket(server, port); System.out.println("Terkoneksi ke server " + socket.getInetAddress() + ":" + socket.getPort()); } catch (UnknownHostException e) { System.out.println(e); System.exit(ERROR); } catch (IOException e) { System.out.println(e); System.exit(ERROR); } try { input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); output = new PrintWriter(socket.getOutputStream(),true); |
Untuk mengkompile dan menjalankannya, maka ikuti langkah berikut :
Server ke Client
1. Kompile ServerKu1.java :
C:\> javac ServerKu1.java
Jalankan program :
C:\> java ServerKu1
Output :
2. Kompile ClientKu1.java :
C:\> javac ClientKu1.java
Jalankan program :
C:\> java ClientKu1
Output :
Setelah ClientKu1.class dijalankan maka anda bisa mengetikkan kalimat di jendela
Server dan akan di tampilkan di jendela klien. Untuk mengakhiri koneksi, anda bisa
menekan enter dua kali atau menutup dari jendela windows.
Client ke Server
1. Kompile ServerKu2.java :
C:\> javac ServerKu2.java
Jalankan program :
C:\> java ServerKu2
Output :
2. Kompile ClientKu2.java :
C:\> javac ClientKu2.java
Jalankan program :
C:\> java ClientKu2
Output :
Setelah ServerKu2.class dan ClientKu2.class di jalankan, sekarang kesempatan
bagi anda untuk menulis pesan di klien dan nantinya akan di teruskan ke server.
Nah, sekarang adalah suatu tantangan bagi anda untuk menyatukan dua program ini menjadi
satu program saja. Selamat mencoba!.
Arigato Hozaimasu!