Contoh Laporan Prakerin RPL

Prakerin RPL


LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
DI CV.CONNECT COMPUTECH WONOSOBO

Disusun sebagai salah satu syarat kelulusan pelaksanaan kegiatan
Praktik KerjaIndustri Tahun Pelajaran 2016/2017





DisusunOleh:
ANGGA NANDYA
290151


PROGRAM KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
(RPL)
SMK 1
Jl. Masjid No.13 Telp.(0286)324140 Wonosobo 56352
2017


PENGESAHAN
Laporan hasil Praktik Kerja Industri (Prakerin) di CV. CONNECT COMPUTECH WONOSOBO. Laporan ini disusun sebagai salah satu syarat kelulusan pelaksanaan kegiatan Praktik Kerja Industri tahun pelajaran 2015/2016.

Pada hari    :
Tanggal    :


Guru Pembimbing




Syaifuddin Yusuf R., S.Kom
Pembimbing DU/DI




Eko Munjazanah







Mengesahkan,
Kepala Sekolah


Yuni Mulyanti, S.Pd., MM.Pd.

MOTTO



SURAT KETERANGAN

Yang bertandatangan dibawah ini, menerangkan bahwa:
Nama                 :Imas Ferlambang Hadipa
Tempat/Tanggal Lahir    : Wonosobo,
Status                : Siswa SMK Gema Nusantara Wonosobo
Nomor Induk Siswa        : 290151
Alamat                :


Telah melakukan Praktik Kerja Industri di CV. CONNECT COMPUTECH WONOSOBOmulai tanggal 23 Juni 2015 s.d 23 Agustus 2015 dengan judul laporan‘’
    Surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Wonosobo, 26 Juli 2015
Pemimpin DU/DI



...................






KATA PENGANTAR
Puji syukur Al-hamdulillahi rabbil 'alamin penulis panjatkan kehadirat Allah SWT,yang telah menganugerahkan kasih, sayang dan cinta kepada setiap hamba yang di Ridhai-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan hasil Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di CV. ConneCt ComputeCh Wonosobo dengan semestinya
Penyusunan laporan ini sebagai persyaratan untuk mengikuti Ujian Praktik/Tugas Akhir pada tahun pelajaran 2015 yang ada di SMK Gema Nusantara.
Dengan Terselesaikannya laporan ini, penyusun mengucapkan terimakasih kepada yang terhormat :
Ibu Yuni Mulyanti, S.Pd., MM.Pd. selaku Kepala SMK Gema Nuantara
Ibu Eko Munjazanah Selaku pembimbing (DU/DI)
Bp. Yusuf Syaifudin R Selaku Guru Pembimbing
Kepala Program Keahlian
Seluruh Staf (DU/DI)
Bapak/Ibu guru, Adik-adik kelas,semua yang telah memberi dorongan internal maupun external, keluarga, saudara-saudara, serta semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan laporan ini yang tidak dapat di sebutkan.



Wonosobo, 26 Agustus 2015


Penyusun

BAB 1
PENDAHULUAN

Latar Belakang Prakerin
Setiap siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak usaha/industri. Oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu dengan mengadakan praktek kerja industri (PRAKERIN) agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai suatu penganlaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulusan sekolah.
Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang profesional, karena keahlian profesional seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsure pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik. Ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja (industri/perusahaan atau instansi tertentu) dan secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertanggung jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai penilaian dan penentuan kelulusan siswa.





Tujuan Kerja  Praktek
Praktikn Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai suatu system pembelajaran yang dilakukan diluar Proses Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada perusahaan/insdustri atau instansi yang relevan.
Secara umum pelaksanaan Praktek Kerja Industri ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dibidang teknologi, penyesuaian diri dengan  situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan menulis laporan yang berkaitan lansung dengan tujuan khusus.
Setelah siswa melaksanakan program Praktek Kerja Industri secara khusus siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup tinjauan tentang perusahaan, dan kegiatan-kegiatan praktek yang berhubungan langsung dengan teknologi, Dan mempersiapkan para siswa/siswi untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuai minat dan bakat masing-masing.
Penyelenggaraan  Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) pada SMK bertujuan untuk :
Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
Memperkokoh link and match antara SMK dan dunia kerja.
Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas.
Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses pendidikan.



1.3Lokasi dan Waktu Prakerin
A.Waktu
Adapun waktu untuk melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah mulai dari tanggal 23 Juni 2015 s.d23 Agustus 2015. Praktek Kerja Industri di CV. ConneCt ComputeCh Wonosobo di mulai dari pukul : 08.00 s.d 17.00 WIB.

B. Lokasi
    Lokasi yang dipergunakan untuk pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah di CV. ConneCt ComputeCh Wonosobo. Yang beralamatdi Jl.Girimargo No.33 Wonosobo Barat.










BAB II
GAMBARAN UMUM DU/DI

2.1Sejarah Singkat DU/DI


Visi,Misi, dan Tujuan
Visi

Misi

Tujuan


2.2 Struktur Organisasi

2.3 Deskripsi Pekerjaan





















BAB III
PELAKSANAAN KERJA PRAKTIK

3.1 Bidang Pekerjaan Prakerin
Kegiatan yang dilakukan pada Pratek Kerja Industri (PRAKERIN) yang dilakukan di CV. ConneCt ComputeCh Wonosoboantara lain :
Melayani User (Penjualan Barang, Penerimaan Servis)
Display Barang
Pendataan Barang
Checking Barang
Servis
Instalasi (Software Requirement, OS, Driver)
Fotocopy
Scan + Edit (Dokumen, Foto)
Pengetikan Dokumen
Printing Dokumen
Packing Barang User
Antar Jemput Barang
Fix Trouble-Shooting Software

3.2 Hasil Prakerin
    Instalasi Sistem Operasi yang Baik, Berkualitas, dan Bersaing.
Pengertian :
Instalasi Sistem Operasi yang benar-benar baik tanpa ada kekurangan dalam instalasi maupun dalam pelayanannya. Berkualitas dengan OS dan software yang selalu update dan non-legal (dengan hak cipta), untuk mencegah virus-virus yang mudah tersebar pada perangkat komputer dan sejenisnya. Bersaing dalam pengadaan barang dan kebutuhan, keperluan yang user personal maupun organisasi butuhkan dalam bidang IT, yang di lengkapi dengan garansi asli dan jaminan-jaminan yang bisa memperkuat produk dari CV ConneCt ComputeCh.

Persyaratan Instalasi:
User datang menyebutkan masalah pada perangakat (barang) yang akan di perbaiki.
User diberi nota servis sesuai dengan perangkat (barang) yang dibawa, untuk dibawa kembali pada saat pengambilan perangkat barang.
Checking perangkat (barang).
Jika tidak bisa di install maka konfirmasi kepada user, bahwa  perangkat (barang) dari user tersebut terdapat masalah dan harus di servis terlebih dahulu.
Jika servis tidak memungkinkan, maka dibawa ke servis senter (Yogyakarta).
Namun jika bisa di instal, setelah selesai user di konfirmasi untuk bisa mengambil dengan membayar biaya instalasi sebesar Rp.40.000 (untuk laptop dan netbook), atau Rp.30.000 (untuk cpu).


BAB IV
PENUTUP

Kesimpulan

Kegiatan prakerin sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi khususnya siswa-siswi GEMA NUSANTARA WONOSOBO. Dengan adanya kegiatan prakerin siswa dituntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
Prakerin merupakan kegiatan praktek di luar jam sekolah yang bekerja sama dengan masyarakat atau instansi, sehingga siswa-siswi dapat berlatih untuk mampu bergaul dan bekerja sama dengan masyarakat luar.
Prakerin dapat menunjang siswa untuk menjadi tenaga kerja menengah yang ahli dan profesional dalam bidangnya yang mampu memenuhi pasar nasional atau bahkan internasional. Dengan begitu siswa-siswi akan mempunyai sikap yang akan menjadi bekal dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat mengamalkan apa yang telah di perolehnya, dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun kesimpulan mengenai tempat prakerin ini adalah :
Suatu CV atau lembaga kerja  yang memiliki banya fasilitas yang sangat membantu, memadai bagi para pegawai, karyawan.
Dengan keramahan yang selalu terjaga di luar maupun di dalam lembaga kerja, yang membuat semua anggota menjadi terasa nyaman dan di hargai.
   


Saran
Sekolah
Dalam dunia kerja, peraktik sangatlah  di unggulkan, di utamakan, untuk itu sekolah seharusnya lebih bisa menerapkan peraktik dalam semua jenis materi pelajaran, walaupun setidaknya minimum, namun usahakan para peserta didik bisa memperaktikannya, tidak hanya materi dan materi yang terus menumpuk, namun kita para peserta didik tidak bisa memperaktikan apa yang telah dipelajari.
Dalam pelaksanaan Prakerin, sangatlah di butuhkan persiapan yang matang, tidak hanya dari segi mental, namun juga dari segi fisik (keahlian). Dalam hal ini seharusnya sebelum prakerin di lakukan, sekolah sudah malakukan tes(menguji) keahlian peserta didik, jadi misalkan prakerin telah berjalan, peserta didik tidak terlalu kebingungan maupun kaku dengan keadaan yang di hadapi (butuh persiapan yang matang).

DU/DI       
No Coment.










LAMPIRAN-LAMPIRAN



















Sumber:lambang handipa
Modif:my admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel